Google
 

Sunday, February 18, 2007

Pelajaran 19: K. Kerja Bentuk -ta

1. Cara membuat K. Kerja bentuk -ta
Membuat K. Kerja bentuk -ta cukup dengan mengubah -te atau -de dari K. Kerja bentuk -te menjadi -ta atau -da.

Contoh:
K. Kerja Grup I
- narimasu --> natte --> natta
- tomarimasu --> tomatte --> tomatta

- kimasu --> kaite --> kaita
- torimasu --> totte --> totta

- hanashimasu --> hanashite --> hanashita

- machimasu --> matte --> matta

- utaimasu --> utatte --> utatta

- hikimasu --> hiite --> hiita

- oyogimasu --> oyoide --> oyoida


K. Kerja Grup II
- dekakemasu --> dekakete --> dekaketa
- tabemasu --> tabete --> tabeta
- mimasu --> mite --> mita

- dekimasu --> dekite --> dekita

- wasuremasu --> wasurete --> wasureta

- tomemasu --> tomete --> tometa

- orimasu --> orite --> orita

- norikaemasu --> norikaete --> norikaeta


K. Kerja Grup III
- souji-shimasu --> shouji-shite --> shouji-shita
- unten-shimasu --> unten-shite --> unten-shita
- shimasu --> shite --> shita

- kimasu --> kite --> kita

2. Pemakaian bantuk -ta
Formula: K-ta koto ga arimasu
Artinya: (Saya) pernah K

Bentuk ini dipakai untuk menyatakan suatu perbuatan yang pernah dilakukan di waktu lampau sebagai pengalaman pada saat ini.
Contoh:
- Nihon ryouri o tabeta koto ga arimasu = Saya pernah makan masakan Jepang.
- Nihon dorama o mita koto ga arimasu = Saya pernah menonton drama Jepang.

Hati-hati karena ini pada dasarnya berbeda daripada kalimat yang hanya menyatakan perbuatan yang dilakukan pada waktu lampau. Apabila hanya hendak menyatakan sesuatu yang dilakukan di waktu lampau maka kalimatnya menjadi:
- Sensyuu nihon ryouri o tabemashita = Minggu lalu saya makan masakan Jepang.
- Watashi wa Indonesia kara kimashita = Saya datang dari India.

3. Pemakaian bentuk -ta
Formula: K-ta+ri, K-ta+ri shimasu
Artinya: Saya melakukan K, K, dsb

Ingat dalam Pelajaran 10 kita sudah pelajari membuat kalimat yang menyebutkan 2 atau 3 saja dari antara banyak benda yaitu dengan menggunakan ( -ya, -ya).
Pada kalimat yang menyebutkan beberapa dari antara banyak perbuatan dipakai bentuk kalimat berikut. Disini bentuk waktunya dinyatakan pada akhir kalimat.
Contoh:
- Nichiyoubi kaimono-shitari, eiga o mitari shimasu = Hari Minggu saya belanja, melihat film, dsb.
- Kinou kaimono-shitari, eiga o mitari shimashita = Kemarin saya belanja, melihat film, dsb.

4. ~narimasu
Narimasu dipakai untuk menyatakan perubahan keadaan.
Formula:
- B ni narimasu
- Na ni narimasu
- S-ku narimasu
Artinya: Menjadi ~

Contoh:
- 20-sai --> 20-sai ni narimasu (umur 20 tahun --> menjadi umur 20 tahun)
- genki --> genki ni narimasu (sehat --> menjadi sehat)
- samui --> samuku narimasu (dingin --> menjadi dingin)
- Raigetsu 25-sai ni narimasu = Bulan depan saya menjadi berumur 25 tahun.

1 comment:

Anonymous said...

Watashi wa Indonesia kara kimashita. Artinya salah, bukan dari India tapi Indonesia :)