Google
 

Sunday, April 8, 2007

Kata Keterangan

Berikut ini akan kita ulang kembali pemakaian Kata Keterangan dan kata-kata yang dianggap sebagai Kata Keterangan.

chotto (lihat Pelajaran 2)
- chotto matte kudasai = tunggu sebentar

ima (4)
- ima 1-ji han desu = sekarang jam setengah dua

hitoride (5)
- watashi wa hitoride nihon e kimashita = saya datang ke Jepang sendiri

isshoni (6)
- isshoni depa-to e ikimasenka = maukah pergi bersama-sama ke toserba?

mou (7)
- mou hiru gohan o tabemashita ka = sudah makan siang?

mada (7)
- iie, mada desu = belum, belum makan

korekara (7)
- korekara hiru gohan o tabemasu = mulai dari sekarang saya makan siang

taihen (8)
- indonesia wa ima taihen atsui desu = sekarang indonesia sangat panas

amari (8)
- kono jisho wa amari yokunai desu = kamus ini tidak begitu baik

yoku (9)
- han-san wa nihon-go ga yoku wakarimasu = sdr. Han mengerti bahasa Jepang dengan baik

daitai (9)
- 3syuukan nihon-go o naraimashita. ima hiragana o daitai wakarimasu = sudah 3minggu saya belajar huruf hiragana. sekarang saya mngerti hampir semua huruf hiragana

sukoshi (9)
- watashi wa eigo ga sukoshi wakarimasu = saya mengerti bahasa Inggris sedikit

zenzen (9)
- watashi wa kanji ga zenzen wakarimasen = saya sama sekali tidak mengerti huruf kanji

mochiron (9)
- ri-san wa chuugokujin desu kara, mochiron kanji ga wakarimasu = karena sdr. Lee adalah orang China, tentu saja dia mengerti huruf kanji

zenbude (11)
- watashi no kazoku wa zenbude 5nin desu = keluarga saya 5 orang semuanya

totemo (12)
- kyou wa totemo ii tenki desu = hari ini cuacanya baik sekali

zutto (12)
- indonesia wa nihon yori zutti ooki desu = Indonesia jauh lebih besar daripada Jepang

ichiban (12)
- kudamono de ringo ga ichiban suki desu = di antara buah-buahan, apel yang paling saya sukai

itsumo (13)
- gozen wa itsumo nihon-go o benkyoushimasu = pagi hari saya selalu belajar bahasa Jepang

tokidoki (13)
- gogo wa tokidoki koujyou e kengaku ni ikimasu = siang hari saya kadang-kadang pergi meninjau pabrik

sugu (14)
- shigoto ga owatte kara, sugu uchi e kaerimasu = setelah selesai bekerja, langsung pulang ke rumah

mou ichido (14)
- wakarimasen kara, mou ichido itte kudasai = tolong ulangi sekali lagi karena saya tidak mengerti

mata (14)
- mata ashita aimashou = besok kita bertemu lagi ya

hajimete (19)
- nihon e kita koto ga arimasen. hajimete kimashita = saya belum pernah datang ke Jepang. inilah pertama kalinya

atode (14)
- ima ishogashii desu kara, atode kite kudasai = karena saya sedang sibuk, harap datang lagi nanti

hayaku (14)
- hayaku jimusho e kite kudasai = tolong cepat datang ke kantor

yukkuri (14)
- sumimasen ga, yukkuri hanashite kudasai = maaf, tolong bicara pelan-pelan

sorosoro (19)
- mou 9-ji desu kara, sorosoro shitsureishimasu = sekarang sudah jam 9, sudah waktunya saya berpamitan

dandan (19)
- korekara dandan samuku narimasu = dari mulai hari ini, tambah lama tambah dingin

ichidomo (19)
- nihon ryouti o ichidomo tabeta koto ga arimasen = sekalipun saya belum pernah makan masakan Jepang

zehi (19)
- shinkansen ni notta koto ga arimasenkara, zehi noritai desu = sya ingin sekali naik shinkansen karena belum pernah naik

kitto (21)
- kazoku wa kitto genki da to omoimasu = saya kira keluarga saya pasti sehat-sehat saja

tabun (21)
- ashita tabun ame ga furu to omoimasu = barangkali besok akan hujan

hontou ni (21)
- fujisan wa hontou ni kirei da to omoimasu = saya pikir gunung Fuji sungguh indah

yoku (23)
- gakusei no toki, yoku suki- ni ikimashita = waktu mahasiswa, saya sering pergi bermain ski

massugu (23)
- kono michi o massugu iku to, migi ni koujyou ga arimasu = kalau jalan ini terus, di sebelah kanan ada pabrik

konoaida (24)
- kono aida, toukyou tawa- e ikimashita = tempo hari saya pergi ke Menara Tokyo

jibunde (24)
- korekara jibunde hiragana o benkyoushimasu = mulai sekarang saya belajar huruf hiragana sendiri

moshi (25)
- moshi onake ga takusan attara, kuruma o kaitai desu = kalau ada banyak uang, saya mau membeli mobil

ikura (25)
- ikura jisho o shirabetemo, imi ga wakarimasen = meskipun berualang kali mencari di kamus, tidak mengerti artinya

2 comments:

Irvan Pratama said...

Jhon, thank yeeeee

eh ya kenalan Vroh..., hajimemashite watashi ha Muhamad Irvan Pratama Desu...,
yoroshiku onegai shimasu...

Kios kabar said...

Ganbatte. Sayonara