Google
 

Saturday, March 3, 2007

Pengantar Huruf Kanji

Saat ini ada beberapa negara yang menggunakan Huruf Kanji, yaitu China, Jepang, Taiwan dan Korea. Namun demikian penggunaannya berbeda-beda yang mencerminkan adanya perbedaan sejarah dan keadaan masing-masing negara.
Huruf Kanji pada awalnya berasal dari China yang kemudian oleh orang Jepang diadopsi menjadi huruf atau aksara bangsa Jepang. Huruf ini lalu diubah dan disesuaikan bentuk dan maknanya agar lebih mudah digunakan dalam berbahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari.
Penyesuaian Huruf Kanji yang digunakan dalam bahasa Jepang tersebut dapat dilihat dari huruf (Hiragana) yang merupakan penyederhanaan Huruf Kanji dan huruf (Katakana) yang dibentuk dari pengambilan sebagian dari Huruf Kanji. Karena itu, cara membaca Huruf Kanji ada 2, yaitu cara baca asli China (atau disebut On yomi, 音読み) dan cara baca versi Jepang (atau disebut Kun yomi, 訓読み).
Mempelajari bahasa Jepang berarti harus mempelajari Huruf Kanji, Huruf Hiragana dan Huruf Katakana, karena sebuah kalimat bahasa Jepang biasa tersusun dari ketiga huruf tersebut. Misalnya:
わたしは NIHONGO 研修 センター で 日本語 を 習いました (Watashi wa Nihongo kensyuu senta de nihongo o naraimashita).
Dimana,
- わたしは= huruf Hiragana
- NIHONGO= huruf Romaji
- 研修 = huruf Kanji
- センター = huruf Katakana
- で= huruf Hiragana
- 日本語 = huruf Kanji
- を= huruf Hiragana
- 習= huruf Kanji
- いました= huruf Hiragana

Mulai posting ini, kita akan coba belajar huruf Kanji.
Yuk belajar Kanji...

1 comment:

Ratna Indriana said...

arigatoo dah bwt blog ini. mudah2n qu bs blajar bahasa jepang lbh dalem lg .walo susaaaaaaah buanget... ;-)
gimana yach caranya biar aku bisa gampang belajar jepang...ujung2na puyeng dee