Google
 

Wednesday, December 27, 2006

Mengenal Huruf Hiragana dan Katakana

Huruf dalam Bahasa Jepang memang tidak sesederhana Bahasa Indonesia yang cuma memiliki 26 huruf, Bahasa Jepang terdiri dari huruf Hiragana, huruf Katakana dan Kanji. Wuah...! Hiragana sendiri, punya 46 karakter huruf yang mewakili 46 bunyi yang berbeda. Nah lo...!
Dalam pemakaiannya, Hiragana dipakai untuk menyatakan elemen tatabahasa seperti partikel dan akhiran kata sifat dan kata kerja yang menunjukkan tatabahasa. Sedangkan Kanji lebih menyatakan elemen yang memiliki arti seperti kata benda, kata kata sifat dan kata kerja. Entar deh, kalau udah jauh, pasti mudah koq membedakan mana yang harus pakai Kanji dan mana yang cukup pakai Hiragana.
Sangat mungkin menulis kalimat Bahasa Jepang dalam Hiragana. Kadangkala orang dewasa pada saat lupa huruf Kanji (hi..hi.. orang Jepang juga suka lupa Kanji loh!), ia memakai Hiragana untuk menggantikan Kanji tersebut. Sebagaimana anak-anak Jepang, aku mulai belajar menulis dan membaca Bahasa Jepang dengan mengenal huruf Hiragana sebelum mempelajari lebih jauh Kanji yang jumlahnya ribuan itu. Oce.
Sekarang ayo kita belajar mengenal huruf Hiragana.
Ini dia 46 huruf Hiragana:
Huruf Katakana biasa dipakai untuk menulis kata serapan dari bahasa asing. Sebagaimana alfabet, huruf Katana dan Hiragana hanya mewakili satu bunyi tanpa arti. Walaupun kalimat dalam bahasa Jepang biasa terdiri dari Hiragana, Katakana dan Kanji, tetapi bisa juga cuma ditulis dalam Hiragana dan Katakana. Wah, boleh juga nih...
Sebelum belajar Kanji, ada baiknya kuasai dulu huruf Hiragana dan Katana, oke...?
Sekarang kita belajar mengenal huruf Katakana.
Ini dia 46 huruf Katakana:Jadi huruf Hiragana ada 46 dan huruf Katakana juga ada 46, wuih... buanyaknya...!
Bacanya gimana ya...?
Kalau dieja dalam alfabet, huruf Hiragana dan Katakana sesuai urutan di atas, berbunyi seperti dibawah ini:Koq dipisah-pisah sih?
Oke deh, biar enak dibaca, nih huruf kana (untuk menyebut keduanya) plus cara bacanya.

Huruf Hiragana:Huruf Katakana:Gimana, udah ngerti kan gimana baca huruf Hiragana dan Katakana?
Ayo belajar membaca lagi.....! :-)

16 comments:

Anonymous said...

terus kalo gitu..beda kegunaan huruf hiragana ama katakana apaant donk???? haduu gimana iah biar cepet apalinnya...

Anonymous said...

mau nanya dong, kalau nulis kata datte pake hiragana gimana ya? kan gak ada huruf matinya tuh? apa cuman da-te atau da-tsu-te? thx before

iqbalhatori said...

aku pernah belajar bahasa jepanx waktu d SMA,,,cuman 3 bulan,,,soalnya aku keluar ckoolnya,,,!
trus aku mau nanya soal,,,( Ko-So-A-Do )

Anonymous said...

datte ditulis dat-tsu kecil-te
biar cepat hafal sering2 latihan menulis :)

Ridwan said...

Bedain Katakana Sama Hiragana Tuh Gampang...
Kalo Katakana Hurufnya Gk Berliuk Liuk Lembut, Tpi Sperti Sudut...
Kalo Hiragana Hurufnya berliuk2 Gk Sperti Sdut...
Hiragana=Huruf Wanita
Katakana= Huruf laki2...

Anonymous said...

hiragana untuk kata2 asli jepang

katakana untuk kata2 yg d sadur dari kata asing sperti nama orang luar negara jepang d rulis pake huruf katakana.

Japanese Smanet Club (JSC) Palopo said...

aku mau nanya, hiragana dan katakana masing-masing digunakan pada saat apa saja? dan apa perbedaan fungsi dari kedua huruf tersebut?

BlackHariki said...

bro kalau "de/d" gimana

Pohaci said...

Setau saya kalo Katakana untuk nulis nama Jepang dan huruf2 serapan dari Inggris yang digunakan di Jepang.
ex: radio= radio, toilet=toire

kalo Hiragana untuk asli Jepang.
ex: Arigatou, Ohisashiburi, Oyasuminasai..

Mila Yulfiana Damayanti said...

berarti kalau misalnya Dita, Mita, Hilwa makenya katakana dong?

Anonymous said...

datte itu bisa ditulis pake huruf hiragana, dalam kata datte terdapat double partikel huruf yaitu "T" jadi tiap kata yang ada partikel double nya ditulis dengan menggunakan huruf "TSU" tapi ditulis kecil
jadi penulisan datte
da+ huruf "TSU" yang ditulis kecil+te
:)

Anonymous said...

Dita dan mita biasa langsung tulis aja pake katakana yg di atas tp kalo hilwa jadinya ntar hiruwa ketika d tulis dg katakana, cmiiw

Anton Maryadi said...

Ohayougozaimasu . . .
Kunjungan perdana nih sob . . .
Jika ada waktu mampir ya ke blog ku. . .
http://akusukajepang.mywapblog.com

Anonymous said...

Disana ga ada 'da' jd gmn ya klo mw nulis datte?
Gomennasai minna .. Aku pemula bljr b jpang. Mohon bantuan.a :)

bazak said...

Minasan konbanwa..
Maaf ni mu ikut nimbrung blajar...pasti kita2 pada suka japanes kan.termasuk aku ni hee..
Kl mu tulis DATTE .itu gampang.. Huruf TA_di kasih tengteng atasnya/titik 2 ..itu di baca da..
Lalu kasih tsu kecil..tambah TE .besar..jadi DATTE deh hee

bang ujang said...

ohayagozaimas sense :)