Google
 

Sunday, December 31, 2006

Pelajaran 3: Partikel









Di Bab ini, kita akan belajar Partikel lebih jauh.

1.
no (の)
a. no menunjukkan kepunyaan.
Watashi no enpitsu desu = わたし の えんぴつ です = Pensil saya.

b. K. Benda setelah no dapat dihilangkan, bila tanpa kata itupun benda yang dimaksud sudah bisa dimaklumi. Tetapi bila K. Benda yang dimaksud adalah orang, maka pada umumnya tidak dihilangkan.
Are wa dare no tokei desu ka = あれ は だれ の とけい です か = Itu jam siapa?
Kimura-san no (tokei) desu = きむら さん の です = Itu punya Sdr. Kimura.

c. Selain bisa menghubungkan K. Benda dengan K. Benda, no juga memiliki banyak macam penggunaan. Misalnya:
Denwa no kaisha = でんわ の かいしゃ = perusahaan telepon
Nihon no dejikame = にほん の デジカメ = Kamera digital buatan Kepang
Kinou no asa = きのう の あさ = Pagi kemarin

2.
ni (に)
Formula: B (waktu) に, artinya Pada waktu B.
Partikel
ni dipakai setelah K. Benda yang menunjukkan waktu kejadian, tetapi bila waktu itu TIDAK dinyatakan dengan suatu bilangan, maka
ni tidak perlu dipakai.
Watashi wa 6-ji ni okimasu = わたし は 6じ に おきます = Saya bangun pada pukul 6.
Watashi ha 4-gatsu 11-nichi ni Nihon e kimashita = わたし は 4がつ 11にち に にほん へ きました = Saya datang di Jepang pada tanggal 15 bulan April.
Konban benkyou-shimasu = こんばん べんきょうします = Saya belajar malam ini.
Kinou terebi wo mimashita = きのう テレビ を みました = Kemarin saya melihat televisi.

3. Hai, sou desu (はい、そうです) dan Iie, sou dewa arimasen (いいえ、そう では ありません)
Untuk menjawab kalimat tanya yang predikatnya K. Benda, sering dipakai sou, sou desu, atau sou dewa arimasen. Misalnya:
Anata wa Batam-denki no syain desu ka =
あなた は バタム でんき の しゃいん です か = Apakah anda karyawan Batam-kikai?
--> Hai, Batam-kikai no syain desu = はい、バタム きかい の しゃいん です = Ya, saya karyawan Batam-kikai.
--> Hai, sou desu = はい、そう です = Ya, begitu.
--> Iie, Batam-kikai no syain dewa arimasen = いいえ、バタム きかい の しゃいん では ありません = Bukan, saya bukan karyawan Batam-kikai.
--> ie, sou dewa arimasen = いいえ、そう では ありません= Bukan, bukan begitu.

Oke, nampaknya setelah ini kamu sudah bisa membuat contoh-contoh kalimat tanya dan menjawabnya dengan ya atau tidak. Gunakan kata-kata yang ada dalam posting mengenai kosa kata. Cobalah.

No comments: