
1. Pengelompokkan K. Kerja
Berbeda dengan bahasa Indonesia, akhiran K. Kerja bahasa Jepang mengalami perubahan yang disebut konjugasi.
Dan menurut konjugasinya, terbagi dalam 3 kelompok:
① K. Kerja Kelompok I
Pada K. Kerja Kelompok I ini, bila dilihat dari bentuk ~masu, suku kata sebelum ~masu, berakhir dengan bunyi [-i].
Contoh:
- kakimasu = menulis.
- nomimasu = meminum.
Bila dilihat dari bentuk kamus (ditemukan pada saat melihat di kamus), Kerja Kelompok I ini berakhiran dengan bunyi [-u].
Contoh:
| K. Kerja Kelompok I | |
| hanasu はなす | berbicara |
| toru とる | mengambil |
| kiku きく | mendengarkan |
| matsu まつ | menunggu |
| yobu よぶ | memanggil |
② K. Kerja Kelompok II
Pada kelompok ini, suku kata sebelum ~masu, berakhir dengan bunyi [-e], tetapi ada pula yang berakhir dengan bunyi [-i]:
Contoh:
- tabemasu = memakan.
- misemasu = memperlihatkan.
- mimasu = melihat.
Bila dilihat dari bentuk kamus (ditemukan pada saat melihat di kamus), Kerja Kelompok I ini berakhiran dengan bunyi [-iru] atau [-eru].
| K. Kerja Kelompok II | ||
| berakhiran dengan ~ iru | kiru きる | memakai |
| miru みる | melihat | |
| okiru おきる | bangun | |
| oriru おりる | turun | |
| shinjiru しんじる | percaya | |
| berakhiran dengan ~ eru | akeru あける | membuka |
| ageru あげる | memberi | |
| deru でる | keluar | |
| neru ねる | tidur | |
| taberu たべる | to eat | |
③ K. Kerja Kelompok III
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah shimasu dan K. Kerja yang terbentuk dengan menambahkan shimasu pada K. Kerja yang bersifat gerakan, serta kata kimasu (perkecualian).
Contoh:
- shimasu = melakukan.
- benkyou-shimasu = belajar.
- jisshuu-shimasu = melakukan latihan praktek.
- kimasu = datang
2. Cara membuat bentuk ~te
① K. Kerja Kelompok I
| Bentuk Kamus (Bentuk Dasar) | Bahasa | Bentuk ~masu | Bentuk ~te |
| aruku あるく | berjalan | arukimasu あるきます | aruite あるいて |
| asobu あそぶ | bermain | asobimasu あそびます | asonde あそんで |
| au あう | bertemu | aimasu あいます | atte あって |
| hairu はいる | masuk | hairimasu はいります | haitte はいって |
| hajimaru はじまる | memulai | hajimarimasu はじまります | hajimatte はじまって |
| iku いく | pergi | ikimasu いきます | itte いって |
| kaeru かえる | kembali | kaerimasu かえります | kaette かえって |
| kakaru かかる | memerlukan | kakarimasu かかります | kakatte かかって |
| kaku かく | menulis | kakimasu かきます | kaite かいて |
| kau かう | membeli | kaimasu かいます | katte かって |
| kiku きく | mendengar | kikimasu ききます | kiite きいて |
| matsu まつ | menunggu | machimasu 待ちます | matte まって |
| motsu もつ | membawa | mochimasu 持ちます | motte もって |
| narau ならう | belajar | naraimasu ならいます | naratte ならって |
| yomu よむ | minum | nomimasu のみます | nonde のんで |
| okoru おくる | mengirim | okurimasu おくります | okutte おくって |
| omou おもう | berpikir | omoimasu おもいます | omotte おもって |
② K. Kerja Kelompok II
| kangaeru かんがえる | berpikir | kangaemasu かんがえます | kangaete かんがえて |
| miru みる | melihat | mimasu みます | mite みて |
| neru oねる | tidur | nemasu nえます | nete ねて |
| oshieru おしえる | mengajar | oshiemasu おしえます | oshiete おしえて |
| taberu たべる | makan | tabemasu たべます | tabete たべて |
③ K. Kerja Kelompok III
kuru くる | datang | kimasu | kite |
| suru する | melakukan | shimasu | shite |
3. Pemakaian Bentuk ~te
① Formula: K-te kudasai.
Artinya: Tolong K.
Bentuk ini dipakai pada waktu kita meminta, mempersilakan, menganjurkan atau menyuruh lawan bicara kita melakukan sesuatu. Di sini kita akan pelajari hanya ungkapan untuk meminta.
Contoh:
- Chotto matte kudasai = Tolong tunggu sebentar.
- Jisho o kashite kudasai = Tolong pinjamkan kamus.
- Yukkuri hanashite kudasai = Tolong bicara perlahan.
② Formula: K-te imasu.
Artinya: Sedang K.
Dipakai untuk menunjukkan gerakan yang sedang berlangsung.
Contoh:
- Wati-san wa ima terebi o mite imasu = Sdri. Wati sekarang sedang melihat televisi.
4. Bentuk: K-mashou ka.
Ungkapan ini dipakai untuk menawarkan sesuatu bantuan:
Contoh:
- Takushii o yobimashou ka = Apa bisa saya panggilkan taksi?
--> Hai, yonde kudasai = Ya, tolong panggilkan.



1 comment:
oh'ya, ada yang mau saya tanyakan nih, tentang perubahan kata kerja:
au - aitakatta - aitakute ?? mohon penjelasannya gimana bisa berubah jadi aitakatta dan aitakute ?
baru belajar nih !
Post a Comment