Google
 

Sunday, January 21, 2007

Pelajaran 15: Pemakaian Bentuk -te

Di Pelajaran 14, kita udah belajar mengenai pengelompokan K. Kerja, dan pemakaian K. Kerja bentuk -te.
Kali ini kita akan belajar lebih jauh mengenai pemakaian K. Kerja bentuk -te.
Udah siap buat belajar? Yuk...

1. Pemakaian bentuk -te
Formula: K-te mo ii desu.
Artinya: Boleh....
Ini adalah ungkapan untuk menunjukkan pemberian izin.
Contoh:
- tabako o sutte mo ii desu = Anda boleh merokok.

Kono koujou de shashin o totte mo ii desu ka = Bolehkah saya mengambil foto (memotret) di pabrik ini?
--> Hai, ii desu = Ya, boleh
--> Iie, ikemasen = Tidak, tidak boleh
Bentuk jawaban Iie ikemasen, bukan hanya berarti "Saya tidak memberi izin", melainkan juga mengandung arti larangan "Anda tidak boleh melakukannya", jadi apabila tidak ada dasar peraturan atau kebiasaan yang umum maka dapat dipandang tidak sopan terhadap lawan bicara.

② Jadi, dalam percakapan di antara individu biasanya dipakai ungkapan sbb:
Anata no shashin o totte mo ii desu ka = Bolehkah saya memotret anda?
--> Hai, dozo = Ya, silakan (boleh).
--> Iie, chotto (komarimasu) * = Tidak, saya agak keberatan.
* Ada bermacam-macam cara menolak sesuai dengan situasinya, salah satunya dengan Iie chotto・・・oleh karena itu kita perlu berhati-hati.

2. Pemakaian bentuk -te
Formula: K-te imasu
Artinya: Sedang K
Selain yang sudah dipelajari di Pelajaran 14, K. Kerja bentuk -te juga dipakai untuk menunjukkan suatu keadaan atau kebiasaan, tapi harus diperhatikan bahwa ini dipakai hanya pada:
(a) keadaan yang masih berlangsung sebagai akibat dari suatu perbuatan.
Contoh:
- Yamamoto-san wa mou kekkon-shite imasu = Sdr. Yamamoto sudah menikah.

(b) keadaan dimana perbuatan yang sama berlangsung berulang-ulang untuk waktu lama
Contoh:
- Watashi wa denchi no kaisha de hataraite imasu = Saya bekerja di perusahaan baterai.

3. Shirimasen (bentuk negatif dari shitte imasu)
Contoh:
Kaisha no bangou o shitte imasu ka = Apakah anda tahu nomor telepon perusahaan?
--> Hai, shitte imasu = Ya, saya tahu.
--> Iie, shirimasen = Tidak, saya tidak tahu.
Bentuk negatif dari shitte imasu adalah shirimasen, jangan mengatakan shitte imasen, hati-hati ya....

No comments: