Google
 

Thursday, January 4, 2007

Pelajaran 6: Partikel

1. Partikel o (を, bukan お)
Formula: B o K (K. Kerja transitif).
Kata Bantu o menunjukkan obyek atau tujuan dari K. Kerja transitif.


Berbeda dengan bahasa Indonesia, dalam kalimat bahasa Jepang, urut-urutannya adalah:

SUBYEK - OBYEK / TUJUAN - KATA KERJA (PREDIKAT)

Misalnya:
Watashi wa ocha o nomimasu = Saya minum teh.
Watashi wa kutsu o kaimasu = Saya membeli sepatu.
Watashi wa terebi o mimasu = Saya menonton televisi.

2. Partikel de (で)
Formula: B (tempat) de.
de di sini tempatnya setelah K. Benda yang menunjukkan tempat, dan menunjukkan tempat kejadian.
Misalnya:
Watashi wa kyoushitsu de Nihon-go o benkyou-shimasu = Saya belajar bahasa Jepang di kelas.
Watashi wa heya de rajio o kikimasu = Saya mendengarkan radio di kamar.

3. Partikel to (と)
Formula: B to B.
to dipakai waktu menghubungkan Kata-kata Benda yang setaraf dan menyebutkannya secara kongkrit satu persatu.
Misalnya:
Watashi wa pan to tamago o tabemasu = Saya makan roti dan telur.
Watashi wa shinbun to zasshi o yomimasu = Saya membaca koran dan majalah.

4. Nan dan nani (なん dan なに)
Keduanya berarti apa.
Nan dipakai pada hal-hal berikut:
a. Kata yang menyusulnya diawali dengan bunyi d, n atau t.
Misalnya:
Nan desu ka = Apa?
Nan no kaisha desu ka = Perusahaan apa?

b. Disusul dengan K. Bantu Bilangan atau yang sejenisnya.
Misalnya:
Nan-sai = umur berapa
Nan-ban = nomor berapa
Nan-youbi = hari apa

Selain dari a dan b di atas, dipakai nani.
Misalnya:
Nani o nomimasu ka = Mai minum apa?
Nani o tabemasu ka = Mau makan apa?

5. K ~masen ka (~ませんか)
Bentuk ini dipakai untuk mengajak melakukan sesuatu, dengan menanyakan pikiran yang diajak bicara.
Misalnya:
Issho ni eiga o mimasen ka = Bagaimana kalau kita menonton film?
Issho ni ko-hi- wo nomimasenka = Bagaimana kalau kita minum kopi?

6. K ~mashou (~ましょう)
Bentuk ini dipakai untuk secara positif mengajak lawan bicara. Juga dipakai untuk menanggapi ajakan secara positif.
Misalnya:
Jimusho de yasumimashou = Mari kita istirahat di kantor.
Issho ni su-pa- e ikimasenka = Bagaimana kalau kita pergi ke supermarket bersama-sama?
--> Ee, ikimashou = Ya, ayo kita pergi.

No comments: